Minggu, 03 Juli 2016

Sudah siap mudik mama? Simak TIPS dari Mobil123, ini, yuk ...


Belum lama ini saya dan beberapa anggota komunitas Fun Blogging datang di acara "Mudik Cerdas" yang digagas oleh Portal Otomotif no. 1 yaitu Mobil123. Dalam kesempatan kali itu, selain bersilaturahmi dan buka puasa bersama, kami juga diskusi soal tips yang aman agar mudik nyaman.

Bapak Benny Susmana dari SDC atau Safety Driving Defensive Consultant memberi beberapa tips bagi para peserta yang hadir di acar tersebut.

Tips yang pertama adalah, mudik harus AMAN. Pastikan bahwa kendaraan yang akan kita pakai aman dengan memeriksa secara lengkap dan detail. Periksa ban kendaraan, periksa mesinnya, dan kalau perlu bawa ke bengkel dulu untuk dicek secara menyeluruh. 

Setelah memastikan bahwa kendaraan yang akan kita pakai aman, pastikan juga fisik kita, terutama yang mengemudi, dalam keadaan fit dan bugar. Karena menurut pak Benny, berkendara yang aman sebaiknya tidak lebih dari 4 jam. Jika lebih, sebaiknya berhenti dulu, cari tempat beristirahat, lalu setelah siap, bisa melanjutkan perjalanan lagi.

Pengalaman saya sendiri biasanya menyiapkan keluarga yang akan ikut mudik atau jalan jauh, beberapa hari sebelumnya. Jadi saya akan menyediakan vitamin tambahan untuk mereka, terutama suami yang akan menyetir. Asupan makanan juga perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak karbohidrat agar tidak cepat mengantuk.


NYAMAN adalah syarat mudik yang kedua. Usahakan kendaraan senyaman mungkin, tidak terlalu sesak dan penuh dengan barang. Saya pun biasanya membawa beberapa bantal terutama untuk anak-anak, agar saat mereka mengantuk mereka bisa tidur dan tidak merasa pegal-pegal. 

Sebagai pendamping yang menyetir, saya pun akan membantu suami agar ia tetap nyaman selama menyetir. Misalnya dengan selalu menyiapkan minuman (dan membukakannya, ia tinggal minum) saat berkendara, menemani ia ngobrol, ikut memandu jalan jika diperlukan, dan seterusnya.

Tips ketiga adalah EFEKTIF. Sebelum mudik, rencanakan perjalanan baik-baik agar efektif dan efisien, misalnya sudah menentukan jalur mana yang akan dipilih. Pertimbangkan kepadatan arus jalur yang kita pilih. Buat plan B jika ternyata rute yang dipilih kurang pas.

Dan tips terakhir dan terpenting adalah ENJOY!. Yes, apa pun situasinya, nikmati perjalanan mudik dengan keluarga. Ini adalah momen yang tidak terjadi setiap saat. Saya bahkan menyukai saat-saat di mana macet dan saya bisa ngobrol ngalor ngidul dengan suami dan anak-anak. Saat berbuka di jalan pun menjadi hal yang unik dan tak terlupakan. Kami sangat menikmatinya ke mana pun kami pergi...

Selamat mudik mama dan keluarga, semoga sampai di kampung halaman dan kembali lagi dengan selamat dan bahagia :)

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar